Nvidia menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang kebutuhan daya GPU RTX 4000

Nvidia menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang kebutuhan daya GPU RTX 4000

Nvidia mengklarifikasi situasi seputar kartu grafis RTX 4000 dan tuntutannya di bagian depan catu daya, mengikuti apa yang digambarkan oleh Tim Green sebagai “peningkatan pertanyaan” mengenai kompatibilitas dengan GPU generasi berikutnya.

Dan jawaban singkat bagi mereka yang khawatir perlu membeli catu daya baru untuk kompatibilitas langsung adalah bahwa mereka tidak perlu – tidak perlu memiliki model ATX 3.0 baru dengan konektor daya PCIe 5.0 (dikenal sebagai 12VHPWR). .

PSU ATX 2.0 saat ini (tidak ada permainan kata-kata) masih akan berfungsi dengan baik dengan model Nvidia RTX 4000 apa pun, meskipun demikian, catu daya jelas harus cukup kuat untuk menangani GPU, sama seperti kartu grafis lainnya.

Semua informasi ini disampaikan dalam bentuk pertanyaan umum baru (terbuka di tab baru) Seperti yang terlihat pada Perangkat Keras Tom (terbuka di tab baru), di mana Nvidia mengingatkan kita bahwa adaptor daya dikirimkan dengan GPU Lovelace kelas atas untuk memungkinkan daya ATX 2.0 persediaan yang akan dicolokkan.

Jadi, mengenai rekomendasi watt yang disebutkan untuk PSU – ATX 2.0 dan 3.0 – apa sebenarnya itu? Nah, Nvidia telah menetapkan bahwa pemilik RTX 4090 harus memiliki catu daya minimal 850W. Untuk 16GB RTX 4080, persyaratannya adalah 750W dan sedikit lebih rendah untuk varian 700W 12GB RTX 4080.

Seperti yang ditunjukkan Nvidia, permintaan daya GPU kelas atas ini tidak terlalu berbeda dari permintaan yang dibuat oleh model RTX 3000 generasi saat ini, yaitu 750W untuk RTX 3090 dan 3080 – meskipun jelas RTX 4090 unggulan membutuhkan sedikit lebih banyak jus. Namun, itu memberikan apa yang menjanjikan lompatan besar dalam kinerja dalam hal konsumsi daya ekstra.

Seperti yang Anda lihat, persyaratan PSU ini tidak sesederhana kelihatannya. Yang menjadi rumit adalah Anda mungkin memerlukan lebih banyak daya tergantung pada komponen PC lainnya, dan terutama CPU jika Anda memiliki prosesor yang sangat kuat yang memiliki kebutuhan daya yang besar. (Chip Alder Lake tercepat dari Intel, 12900KS, dapat menarik sekitar 240W maks, misalnya, yang mungkin tidak ada dengan GPU Nvidia kelas atas, tetapi masih banyak.)

Secara keseluruhan, ini jelas merupakan area di mana Anda ingin berhati-hati, dan omong-omong, perlu dicatat bahwa bahkan PSU yang memiliki peringkat daya yang sama dapat memiliki kualitas yang berbeda. Dan tentu saja Anda tidak ingin menggunakan PSU murah dan tidak bermerek dengan kartu Nvidia kelas atas, bukan berarti penggemar PC mana pun akan bermimpi melakukannya. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus selalu menggunakan merek PSU tepercaya yang akan memberikan keandalan dan stabilitas terbaik (seperti model yang direkomendasikan dalam kumpulan PSU terbaik kami). Bahkan jika Anda membayar sedikit ekstra, kami telah lama berpendapat bahwa catu daya adalah komponen yang sering diabaikan yang memainkan peran penting dalam pengoperasian PC.

Selain itu, kami menyarankan untuk tetap sedikit di atas level daya yang disarankan jika memungkinkan – tampaknya masuk akal untuk memiliki sedikit ruang kepala ekstra, terutama jika menyangkut GPU yang berat. Aturan umum kami adalah menempatkan 100W ekstra di atas apa yang Anda pikir Anda perlukan, lebih baik aman daripada menyesal.

Akhirnya, perlu disebutkan bahwa Nvidia menawarkan klarifikasi lebih lanjut tentang masalah email yang baru-baru ini bocor dari PCI-SIG (organisasi yang mengawasi spesifikasi PCI Express dan banyak lagi) yang membuat orang khawatir bahwa ada potensi risiko dengan PSU ATX 2.0 menggunakan konektor 12VHPWR .

Ini berasal dari kekhawatiran yang disuarakan oleh PCI-SIG di masa lalu pada tahap pembuatan prototipe, tetapi masalah tersebut kini telah diselesaikan. Tim Hijau mencatat, “Nvidia mengonfirmasi bahwa itu adalah masalah yang terisolasi dengan konektor prototipe dari vendor tertentu, dan vendor telah menyelesaikan masalah tersebut.”

Penawaran kartu grafis terbaik hari ini

Author: Anthony Gonzales